Iphone 7 dan Samsung S7, Siapa Lebih Unggul?

Iphone 7 dan Samsung S7, Siapa Lebih Unggul?

Persaingan bisnis antar produsen telepon seluler raksasa Apple dan Samsung kian memanas. Keduanya berlomba menghadirkan teknologi terbaru di setiap telepon seluler besutannya. Akibatnya, khalayak kerap membandingkan keduanya dan menentukan siapa yang lebih unggul.

Belum lama ini Iphone 7 hadir sebagai penyempurna seri Apple terbaru. Sementara itu, produsen asal Korea Selatan, Samsung, juga mengeluarkan ponsel andalannya berseri Samsung S7. Keduanya berhasil menyita perhatian banyak pihak dan turut membandingkan satu dengan yang lainnya.

(sumber : knowyourmobile.com)

Kehadiran Iphone 7 dan Samsung S7 memang sudah dinantikan sejak lama. Sehingga, sejak kemunculannya di akhir 2016 silam, kedua ponsel pintar ini memberikan kepuasan tersendiri bagi para penggemarnya.

Meski menggunakan operator dan paket internet yang sama, keduanya bisa memberikan pengalaman yang berbeda. Lalu, siapakah yang paling unggul?

Agar memudahkan kamu menentukan siapa yang terunggul di antara keduanya, simak terlebih dahulu perbedaan keduanya, seperti ulasan berikut ini:

a. Bodi dan tampilan

Sejak awal kemunculannya, Iphone selalu menyematkan bentuk yang sangat khas. Produk keluaran Apple ini selalu memiliki tombol pembuka di tengah bodi. Tombol tersebut masih digunakan hingga saat ini, bahkan penggunaan tombol tengah seperti ini kerap ditiru oleh para pesaing Apple.

Masih menggunakan tombol tengah yang khas, Iphone 7 turut meletakkan fitur sidik jari otomatis pada tombol. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah membuka ponsel.

(sumber : macrumors.com)

Iphone 7 dikemas dalam ukuran 4,7 inci. Bodi keseluruhan Iphone 7 tampak lebih ramping dan minim akibat antena yang dipindahkan ke bagian atas dan bawah. Tidak ada lekukan garis seperti tampilan pendahulunya. Sehingga, sekilas tampilan Iphone 7 tampak menyerupai Iphone 3Gs.

Jangan harap kamu menemukan lubang earphone di ponsel ini, karena Apple telah meniadakan port jack earphone 3,5mm di Iphone 7. Kamu harus membeli perangkat earphone tambahan untuk bisa menikmati musik di ponsel ini. Tampilan baru seperti ini secara tidak langsung membuat Iphone 7 menjadi lebih tipis.

Sementara itu tampilan Samsung S7 terlihat lebih tebal dibandingkan Iphone 7, dengan layar yang lebih besar 0,4 inci dibandingkan Iphone 7. Kamu akan menemukan dominasi material logam saat menyentuh Samsung S7. Tampilan ini membuat S7 hadir lebih elegan dan berkelas.

Sedikit mencontek Apple, kamu juga bisa menemukan tombol tengah (home button) pada Samsung S7. Meski begitu, daya tahan baterai S7 akan lebih lama dibandingkan Iphone 7. Maklum saja, S7 menggunakan baterai berkekuatan 3000-3600 mAh, sedangkan iphone 7 menggunakan baterai 1960 mAh.

Dengan demikian, kamu bisa menggunakan paket internet di ponselmu dengan lebih maksimal saat menggunakan S7. Namun, kamu perlu mencoba menggunakan keduanya untuk permainan online, guna menentukan ponsel mana yang paling tepat untukmu.

b. Sistem operasi

Kedua ponsel pintar ini bisa melakukan pekerjaannya dengan sangat cepat. Maklum saja, Apple dan Samsung telah menempatkan muatan-muatan spesifikasi berkualitas di keduanya.

Iphone 7 dilengkapi dengan prosesor bernama A10 Fusion yang merupakan buatan Apple sendiri serta RAM sebesar 3GB. Saat kamu menggunakan ponsel ini untuk melakukan aktivitas multitasking, maka Iphone 7 bisa memberikan kepuasan tersendiri. Meskipun aktivitasmu berat, seperti bermain games bersamaan dengan membuka aplikasi lain, ponsel ini akan tetap bekerja maksimal.

Sementara itu Samsung S7 dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 820 Octa core. Selain itu adapula GPU Adreno 530 atau Mali-T880 MP12, serta RAM 4GB.

(sumber : androidPIT.com)

c. Memori

Apple menghilangkan memori 16GB pada ponsel pintarnya kali ini. Namun kali ini, Apple membenamkan memori internal yang cukup besar hingga 256GB.

Sementara itu Samsung juga menyematkan memori internal sebesar 32GB-64GB. Namun, kamu bisa menambah memori eksternal berupa microSD hingga 256GB.

Dengan memori sebesar ini, kamu bisa menyimpan banyak data. Kamu bisa melakukan penyimpanan video, gambar, dokumen dan sebagainya. Meski bisa menyimpan banyak data, tapi jika kamu tidak memiliki pulsa dan paket data internet memadai, apa yang bisa kamu lakukan?

Pastikan kamu telah memiliki pulsa atau mengisi paket data internet sebelum melakukan aktivitas unduh dan unggah ke media sosial milikmu. Kamu bisa membelinya secara online, di manapun dan kapan pun saja dengan aplikasi Traveloka terbaru. Dengan layanan Traveloka Connectivity, kamu bisa melakukan pembelian pulsa secara mudah dan aman. Tinggal pilih nominal, isi nomor operator dan lakukan pembayaran. Untuk kamu pengguna Mentari, bisa klik link ini.

Dengan aplikasi Traveloka, kamu juga bisa langsung memilih paket internet sesuai dengan yang kamu butuhkan. Dengan kuota internet yang memadai, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di media sosial dengan lebih maksimal.

d. Kamera

Buat kamu yang hobi menggunakan kamera ponsel untuk hobi fotografi, kamu perlu mempertimbangkan kamera di kedua ponsel pintar ini. Dengan kamera yang baik, maka hasil foto yang kamu dapatkan tentu akan lebih berkualitas.

Iphone 7 menggunakan spesifikasi kamera yang serupa dengan kamera DSLR. Selain itu ponsel ini juga membenamkan fitur foto 3D yang belum ada di Iphone sebelumnya. Memiliki dual kamera, Iphone 7 menempatkan muatan 12 MP pada kamera belakang. Sementara itu tersedia kamera 7MP pada bagian depan ponsel ini.

Kamu bisa melakukan selfie dan panggilan video dengan lebih jernih menggunakan ponsel ini. Pastikan kamu menyalakan paket internet berkekuatan 4G guna mendapatkan hasil yang jernih saat melakukan panggilan video.

Namun jika kamu menginginkan panggilan video tanpa pulsa, kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi yang mendukung seperti LINE, Whatsapp, Skype dan sebagainya. Dengan demikian kuota internet kamu tetap utuh terjaga.

Sementara itu, kamu akan menemukan kamera bermuatan 12 MP pada Samsung S7. Kamera belakang ponsel ini juga dilengkapi dengan dual pixel sensor yang mampu melakukan auto fokus dengan maksimal saat melakukan pengambilan gambar.

Jadi, setelah mengetahui perbedaan keduanya, yang manakah menurutmu yang pantas untuk diunggulkan?

  • sepertinya masih lebih unggul iphone daripada samsung, samsung kayaknya lambat. ditunggu komen backnya om

    • iyah dua duanya punya keunggulan masing2 , tapi kalau masalah design, iPhone masih lebih unggul

  • ertiakieo

    masing masing memiliki keunggulan tersendiri jadi sulit untuk menentukan mana yang paling unggul…