7 Komputer Termahal dalam Sejarah

7 Komputer Termahal dalam Sejarah

Kita semua terkadang mengeluh dengan mahalnya harga komputer  dan komponen-komponennya. namun faktanya saat ini harga komputer sudah jauh lebih murah di bandingkan masa-masa awal era digitalisasi.dimana yang ukuran ram ama hardisknya  gak nyampe satu giga, buset deh haha.  faktor utama dari menurunnya harga adalah perkembangan teknologi selain itu juga karna persaingan produsen perangkat yang semakin tinggi.

para perusahaan produsen komputer berlomba-lomba untuk menyajikan spek komputer yang tinggi dengan harga murah. yang otomatis harga menjadi salah satu hal yang sangat di pertimbangkan. oke biar lebih jelasnya saya sudah merangkum menjadi 7 komputer termahal yang pernah dijual.

1. The Programma 101 (1965)

 

The programma 101 tentunya salah satu mesin komputer paling keren pada masanya. sesuai dengan namanya ,Programma 101 adalah perangkat yang berasal dari Italia . Dalam era ketika komputer berukuran sangat besar, Programma tampil berbeda dan memiliki seukuran yang sama seperti mesin tik  dan memulai debutnya pada tahun 1964 di New York World Fair.

The Programma mirip seperti supercalculator – yang bisa menambahkan, mengurangi, mengalikan, dan membagi bilangan dalam jumlah besar. Tetapi karena programma juga dapat memuat dan merekam pemrograman terurut pada kartu magnetik, sebagian besar sejarawan menganggap programma sebagai komputer desktop pertama.NASA membeli beberapa mesin tersebut untuk misi pendaratanApollo 11 ke bulan. Untuk harganya sendiri setiap perangkat berharga sekitar  $ 3.500 atau sekitar $24.000 saat ini. jika di rupiahkan dapat menyentuh angka sekitar Rp 312.000.000 . sehingga dengan mudah the programma di nobatkan menjadi pc termahal pada masanya.

2. IBM Portable Computer (1975)

IBM adalah salah satu perusahaan komputer terbesar saat ini dan merupakan saingan dari apple. saat itu dengan ukuran sebesar koper kecil dan berbobot 55 pon, Komputer Portable IBM 5100 dipasarkan dan menjadi komputer mini pertama. Komputer mini pertama ini relatif di tujukan untuk para ilmuwan. Model 64KB terbaru memiliki harga sebesar $ 19.975. Itu sekitar $ 88.000 hari ini, disesuaikan dengan inflasi. dan jika dirupiahkan sekitar Rp 260.000.000.

3. Cromemco System Three (1979)

Didirikan oleh dua mahasiswa doktoral Stanford, Cromemco adalah sebuah perusahaan komputer California yang dinamai berdasarkan asrama Stanford . Pada akhir 1970-an dan awal 1980-an, perusahaan tersebut membuat beberapa inovasi kunci di bidang peripheral komputer, termasuk teknologi untuk kamera, joystick, dan kartu grafis.

Pada tahun 1979, Cromemco merilis  komputer Sistem Three multiuser , yang dirancang untuk mengakomodasi antara satu dan enam terminal dan printer yang terpasang pada chassis pusat. fitur ini menjadi pilihan yang sangat diminati olehpara pembeli tertentu – NASA dan Angkatan Udara AS yang pengadopsi awal – dengan spek 512KB RAM dan 5MB hard drive eksternal. Sistem Three mampu berjalan baik diatas  Fortran IV dan Z80 Dasar. untuk harganya sendiri sebesar $ 12.495 pada tahun 1979 sekitar $ 36.000 hari ini. dan jika dirupiahkan sekitar Rp.468.000.000

Next >>>  

  • hahaha kelebihannya pada masa itu belum ada komputer/ masih jarang