Cara Mengecek Koneksi Internet Dengan Mudah

Cara Mengecek Koneksi Internet Dengan Mudah

Saat ini koneksi internet sudah menjadi kebutuhan yang  tak terlepas dari kehidupan sehari-hari. mulai dari hiburan hingga dalam kegiatan bekerja. untuk artikel kali ini saya akan membagikan tips simpel bagaimana cara mengecek koneksi internet di laptop atau komputer anda.

Cara termudah tentu saja anda membuka browser lalu mencoba mengunjungi situs tertentu seperti google.com, gmail.com atau juga facebook.com. namun menurut saya cara ini kurang dapat memberikan informasi yang lengkap. karena terkadang saat kita mengunjungi sebuah situs/web, dan tidak bisa terbuka , bukan berarti koneksi kita yang bermasalah. bisa jadi juga karena browser yang terkena virus atau juga situs tersebut sedang down (tidak bisa di akses).

Oleh karena itu berikut ini tips cara mengecek koneksi internet dengan mudah tanpa perlu membuka browser dan juga memberikan informasi yang lebih lengkap.

1. Untuk pengguna windows, silahkan menekan tombol Windows + R lalu ketikkan ping 8.8.8.8 -t . atau juga bisa dengan menjalankan cmd (command prompt) lalu ketikan perintah seperti diatas.

 2. Setelah klik OK , maka akan muncul jendela baru yang memberikan keterangan apakah anda sedang terkoneksi ke internet atau tidak. seperti gambar di bawah ini

Gambar diatas menunjukan balasan dari server 8.8.8.8 . yang perlu di perhatikan adalah bagian time, semakin  kecil time maka semakin cepat koneksi anda. selain itu time juga menunjukan kestabilan koneksi anda. jika time nilainya stagnan atau tidak berubah secara drastis maka koneksi anda dapat dikatakan stabil.

jika yang muncul pesan Request Time Out. berarti koneksi anda sedan bermasalah. hal ini terjadi disaat anda sudah terkoneksi dengan router atau wifi namun  tidak dapat melakukan koneski internet. cara mengatasinya dapat dengan reconnect atau menunggu sampai koneksi stabil kembali.

selain itu jika yang muncul general failure atau juga unreachable maka anda sedang benar-benar tidak terkoneksi dengan internet.

bagi pengguna linux, caranya sama dengan mengetikkan perintah ping 8.8.8.8 di terminal.

sekian cara untuk mengecek koneksi internet dengan mudah, saya sendiri selalu melakukan cara diatas untuk mengecek apakah laptop yang saya gunakan sudah terkoneksi ke internet. dan juga untuk melihat seberapa stabil koneksi internet.