10 Search Engine (Mesin Pencari) Terpopuler di Dunia

10 Search Engine (Mesin Pencari) Terpopuler di Dunia


Google, bing, Ask merupakan website yang berfokus sebagai mesin pencari atau search engine. tugas website tersebut adalah memberikan berbagai informasi berdarkan kata kunci yang diketikkan oleh user. dengan adanya search engine ini kita dengan mudah mendapatkan informasi yangtepat dan kredibel.. karena search  engine tersebut menggunakan algoritma khusus  agar dapat menampilan informasi yang  kita cari dengan tepat.

Sebelum kemunculan google atau biasa disebut mbah google , mesin pencari yang paling banyak digunakan adalah yahoo. namun seiiring perkembangan teknologi dan zaman. beberapa mesin pencari lainya hadir dengan algoritma dan fiturnya masing-masing. seperti saat ini ada google yang menjadi mesin pencari paling populer. selain itu juga  ada mesin pencari yang khusus mencari informasi berdasarkan kategori tertentu , yang sudah pernah saya tulis disini 7 Mesin Pencari yang Mungkin Belum Pernah anda Gunakan

Dari banyaknya mesin pencari yang dapat kita gunakan , saya akan mendaftar 10 mesin pencari atau search engine terpopuler dan paling banyak digunakan. berikut daftarnya

10 Mesin Pencari Terpopuler

1. Google.com

Pengunjung rata-rata perbulan : 30 milyar
Peringkat Alexa : 1
Perusahaan : Google inc.

Untuk peringkat pertama mungkin sudah tidak diragukan lagi ditempati oleh google. dengan google kita  dapat mencari informasi apapun, ketepatan dalam pemberian informasi yang membuat google menjadi mesin pencari nomor 1 saat ini. google menggunakan algoritma nya sendiri agar user mendapatkan informasi sesuai yang dicari, sudah pernah saya bahas disini Cara kerja google mencari informasi.

2. Yahoo.com

Pengunjung rata-rata perbulan : 6 milyar
Peringkat Alexa : 6
perusahaan : Yahoo!

Walaupun saat ini sudah tersalip dengan google, tetapi yahoo yang sempat berjaya masih di urutan kedua dalam mesin pencari terpopuler. yahoo sendiri mulai populer dari tahun 1995, bisa di bilang mesin pencari veteran . Mesin pencari ini didirikan oleh  David Filo dan Jerry Yang, dua orang lulusan Universitas Stanford yang menuangkan ketertarikan mereka terhadap dunia internet. Yahoo itu sendiri merupakan akronim dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”.

3. Bing.com

Pengunjung rata-rata perbulan : 1 milyar
Peringkat Alexa : 36
Perusahaan : Microsoft

Di urutan ketigak ada Bing, mesin pencari bawaan dari microsoft. jika sebelumnya ada MSN Search dan Windows Live search , sekarang microsoft melakukan pengembangan dan menghasilkan search engine baru bernama bing. Bing mulai dirilis tahun 2009 sebagai pengganti Live Search. lalu Bing juga di kabarkan bekerjasama dengan Yahoo!.

4. Baidu.com

Pengunjung rata-rata perbulan : 2.5 milyar
Peringkat Alexa : 12
Pemilik : Baidu, Inc.

Baidu merupakan salah satu mesin pencari yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik Haidian, Beijing, RRC.  baidu menawarkan mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin. Layanan komunitas dan pencarian yang ditawarkan sebanyak 57 jenis termasuk di antaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedia yang dibangun secara kolaboratif. Baidu didirikan pada tahun 2000 oleh Robin Li dan Eric Xu.

5. Yandex.ru

Pengunjung rata-rata perbulan : 2.5 milyar
Peringkat Alexa : 28

Mesin pencari ini di miliki oleh salah satu perusahaan internet terbesar di eropa yang beraral dari rusia yaitu Yandex . yandex.ru menjadi mesin pencari yang paling populer di Rusia yang menghasilkan lebih dari 50% traffic pencarian. Yandex itu sendiri merupakan akronim dari”Yet Another iNDEXer”.

6. Ask.com

Pengunjung rata-rata perbulan : 350 juta
Peringkat Alexa : 107
Perusahaan : IAC

Sesuai dengan namanya, Ask yang awalnya dikenal dengan nama Ask Jeeves merupakan mesin pencari yang berbasis pada tanya jawab yang dikembangkan oleh Garrett Gruener dan David Warthen di negara bagian Amerika Serikat, California. Ask.com memungkinkan audiens untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

7. Aol.com

Pengunjung rata-rata perbulan : 230 juta
Peringkat Alexa : 268
Perusahaan : Time Warner

AOL merupakan perusahaan media massa multinasional yang berbasis di New York, Amerika Serikat. Salah satu layanan yang diberikan oleh AOL yaitu mesin pencari yang dinamakan AOL Search. Ini adalah search engine yang diberdayai oleh Google. Tampilan AOL Search terbilang sangat simple dan bersih sehingga membuat pengunjung merasa nyaman untuk melakukan browsing.

8. Duckduckgo.com

Pengunjung rata-rata perbulan : 135 juta
Peringkat Alexa : 599

DuckDuckGo yang didirikan oleh Gabriel Weinberg adalah search engine yang menawarkan privacy pada para penggunanya. Itulah salah satu kelebihan DuckDuckGo yang belum tentu dimiliki oleh search engine lainnya. DuckDuckGo tidak menampilkan profil penggunanya dan hasil pencarian sama antara pengguna satu dengan lainnya.

9. About.com

Pengunjung rata-rata perbulan : 100 juta
Peringkat Alexa : 461
Perusahaan : The New York Times Company

About.com merupakan mesin pencari yang bersumber dari berbagai berita. Berita ditulis dalam bahasa Inggris, dan menjadi sumber berita bagi warga Amerika Utara.

10. wow.com

Pengunjung rata-rata perbulan : 35 juta
Peringkat Alexa : 2.355

Wow.com memiliki tampilan lebih seperti situs berita daripada mesin pencari, namun ini juga yangmenjadi kelebihan jika anda ingin mencari sesuatu dalam satu tempat.