Cara Mengaktifkan Modul Oracle OCI 8 pada Xampp

Cara Mengaktifkan Modul Oracle OCI 8 pada Xampp


Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).

Xampp adalah  perangkat lunak bebas, yang berfungsi sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis.

Kita biasanya mengenal Mysql dengan Php My Admin pada Xampp sebagai database. Namun dengan Xampp kita juga dapat mengkoneksikan database Oracle. Secara default modul untuk oracle pada xampp diset nonaktif. Untuk mengaktifkannya caranya seperti berikut :

  1. Pertama cek pada XAMPP yang sudah kita install apakah modul oci8 sudah aktif atau belum. Nyalakan Apache pada XAMPP, Buka Localhost pada Browser, kemudian klik pada phpinfo().
  2. Jika OCI8 belum muncul pada configuration, berarti modulnya masih belum aktif. Untuk mengaktifkannya buka folder direktori tempat XAMPP diinstall. Masuk dalam direktori php. edit php.ini
  3. Pada line 968, hapus tanda titik duanya. kemudian simpan kembali.
  4. Kemudian buka kembali phpinfo() pada localhost dan cek apakah oci8 sudah muncul pada tabel konfigurasi.