Pengelompokan Kelas IP Address Versi 4

Pengelompokan Kelas IP Address Versi 4

IP Address versi 4 memiliki 3 jenis kelas yang dipakai dalam implementasi jaringan komputer. Standar ini diperlukan untuk menentukan skala dari sebuah jaringan. Dalam penerapannya, jaringan komputer terbagi lagi kedalam 3 jenis skala, yaitu skala besar (untuk jumlah host yang banyak), skala menengah (untuk jumlah host menengah), skala kecil (untuk jumlah host yang sedikit atau lebih kecil). Berikut ini adalah 3 jenis kelas IPv4 :

Pengelompokan Kelas IP Address Versi 4 Tabel 2.1 Range Kelas IP Address versi 4

 

• Kelas A

Merupakan kelas yang disarankan untuk jaringan berskala besar. Ini disebabkan karena IP Address kelas A memiliki jangkauan (range) untuk pengalamatan berbasis IP versi 4 yang dimulai dari 1.0.0.0 hingga 127.255.255.255 (khusus kedua alamat ini tidak digunakan). Jumlah jangkauan diatas mampu membentuk 126 buah jaringan, dimana setiap jaringan mampu menampung hingga 16.777.214 host (komputer atau perangkat lainnya). Jumlah jaringan yang dibentuk pada kelas A adalah yang jumlah yang terkecil bila dibandingkan kelas B dan kelas C, namun daya tampung untuk setiap jaringan lebih besar dibandingkan kedua kelas tersebut.

• Kelas B

Merupakan kelas yang disarankan untuk jaringan berskala menengah keatas. Ini disebabkan karena IP Address kelas B memiliki jangkauan (range) untuk pengalamatan berbasis IP versi 4 yang dimulai dari 128.0.0.0 hingga 191.255.255.255 (khusus kedua alamat ini tidak digunakan). Jumlah jangkauan diatas mampu membentuk 16.384 buah jaringan, dimana setiap jaringan dapat menampung hingga 65.534 host.

• Kelas C

Merupakan kelas yang disarankan untuk jaringan berskala kecil. Ini disebabkan karena IP Address kelas c memiliki jangkauan (range) untuk pengalamatan berbasis IP versi 4 yang dimulai dari 192.0.0.0 hingga 223.255.255.255 (khusus kedua alamat ini tidak digunakan). Jumlah jangkauan diatas mampu membentuk 2.097.152 buah jaringan, dimana setiap jaringan dapat menampung hingga 254 host. Jumlah host disini lebih kecil jika dibandingkan dengan kelas A dan kelas B hanya saja jaringan yang dibentuk dapat lebih besar dari kedua kelas tersebut.

Pengalamatan IP Kelas C ini tidak banyak digunakan pada IP publik (internet) namun lebih kearah penggunaan IP Private (missal tempat kost, perkantoran kecil, dsb). Secara teori, kelas C tidak mendukung untuk memanpung banyak host. Namun dengan menggunakan CIDR (Classless Inter Domain Routing), hal ini dimungkinkan untuk kelas C dapat memiliki daya tampung sebanyak kelas B bahkan kelas A di dalam setiap jaringannya.