Cara Membuat Website WordPress

Cara Membuat Website WordPress

Kebutuhan manusia terhadap pembuatan website sangat tinggi saat ini. Website seringkali dijadikan sarana menghasilkan uang di internet, personal branding, membangun citra perusahaan dan lain sebagainya. Apabila sobat mau membikin suatu website maka sekarang ini sangat dimudahkan. Anda bisa membuat website sendiri maupun menggunakan jasa orang lain. Pilihan kedua banyak dilakukan orang mengingat banyaknya perusahaan ataupun perorangan yang membuka jasa pembuatan website profesional di forum maupun toko online.

Bagi seorang pemula pastinya akan mengalami kesulitan dalam membuat sebuah website. Karena terdapat istilah-istilah yang asing mereka dengar. Kemampuan teknis diperlukan dalam membuat sebuah website professional yang menarik. Walaupun begitu, tetap saja ada kemungkinan besar seorang pemula dapat membuat website dengan platform wordpress. Mengingat ada banyak sumber referensi yang bisa dipelajari di internet.

Jenis CMS

Mengingat betapa pentingnya CMS dalam sebuah website maka anda harus betul-betul memilih CMS yang handal dan anda sukai. Diantara sekian banyak Conten Management System seperti Joomla, Drupal dll maka yang paling terkenal adalah WordPress. Platform WordPress yaitu software CMS yang banyak digunakan orang di seluruh dunia.

WordPress merupakan pilihan yang tepat bagi sobat yang masih pemula dalam membikin sebuah website. Karena platform ini mempunyai performa yang sangat baik dalam mendukung website bertrafik medium dan rendah serta mempunyai skalabilitas yang memadai. Ada banyak website tersohor di dunia yang memakai CMS wordpress antara lain NBC, Techcrunch, TED, CNN, TIME Magazine dan lain sebagainya.

Keunggulan WordPress

Adapun yang menjadi kelebihan CMS WordPress, antara lain :

1.Gampang diinstal

Mayoritas perusahaan penyedia hosting  mempunyai pilihan CMS WordPress untuk dilakukan penginstalan bagi mereka yang membuat website. Biasanya hanya satu klik saja, WordPress dapat diinstal secara baik di dalam website. Pihak penyedia jasa hosting umumnya merekomendasikan WordPress disebabkan sudah sangat populer.

2.Open source dan komunitas yang sangat kuat

WordPress mempunyai komunitas dan open source yang kuat. Sehingga beberapa plugin dan theme yang bersifat gratis yang berada di dalamnya secara lengkap dapat anda gunakan di wordpress tanpa biaya tambahan. Hal ini akan memudahkan anda dalam membuat website yang lebih maksimal dan lebih menarik dan canggih.

Disamping banyak plugin dan theme gratisan, di dalam platform WordPress terdapat plugin dan themes premium dengan harga yang tak mahal. Apabila anda mengalami masalah di tengah jalan dalam menggunakan WordPress tak perlu cemas karena pihak WordPress menyediakan pelayanan support kapanpun yang sangat handal.

Cara Membuat Website WordPress

Tanpa bertele-tele lagi, berikut ini beberapa langkah cara membuat website wordpress dari awal sampai  jadi, antara lain :

1.Menentukan CMS

CMS singkatan dari Content Management System yang merupakan sebuah sistem atau platform software mekanis dalam membikin konten, menerbitkan konten ataupun mengelola konten di website. Content Management System sebagai software yang telah diunduh dan terpasang di server web hosting sobat. Dalam membuat suatu website pastinya provider akan memberitahukan kepada anda bagaimana cara menginstall CMS sobat.

Kemudian, sesudah sobat melakukan install CMS sesuai yang diperintahkan pihak provider, sobat dapat login ke website milik sobat. Lalu menambahkan banyak konten seperti teks maupun gambar dan foto ataupun jenis konten lainnya ke dalam website sobat. Misalkan sobat dapat menambahkan konten website berupa halaman produk lewat CMS.

Anda juga bisa memilih template atau theme yang disesuaikan atas kebutuhan dan kecocokan dengan jenis topik website sobat. Kemudian supaya website memiliki performa maksimal, sobat dapat menambahkan plugin sosial media atau plugin lainnya ke dalam website milik sobat. Hal tersebut dapat dilaksanakan menggunakan CMS.

2.Menentukan domain

Berikutnya setelah menentukan CMS adalah menentukan nama domain yang hendak dipilih. Untuk nama domain pastinya dipilih yang dicari banyak orang dengan melakukan riset kata kunci berdasarkan niche tertentu. Untuk niche website pilihlah satu topik yang benar-benar sangat anda kuasai dan sukai. Misalkan topik bisnis, hobi, personal dll. Sehingga kelak sangat memudahkan dalam perkembangan website ke arah lebih baik dalam menghasilkan uang. Untuk ekstensi diomain bisa menggunakan dot net atau dot com yang sangat populer.

3.Menentukan Hosting Murah

Berikutnya memilih jenis hosting. Sobat dapat menggunakan Cloud Hosting, Dedicated Server Hosting, VPS maupun Shared Hosting.

4.Melakukan konfigurasi pada WordPress

Demikianlah gambaran singkat cara membuat website wordpress. Semoga benar-benar memberikan manfaat bagi anda semua yang mau mempunyai sebuah website hingga jadi.

Sumber : DomaiNesia