Penyebab Laptop Restart Sendiri ? dan Solusi Memperbaikinya

Penyebab Laptop Restart Sendiri ? dan Solusi Memperbaikinya

Penyebab Laptop Restart Sendiri dan Solusi Memperbaikinya

Seperti yang sudah kita ketahui Laptop adalah perangkat komputer yang paling sering digunakan saat ini,karena laptop sifatnya portable sehingga mudah dibawa kemana-mana  selain itu juga saat ini laptop sudah memiliki spesifikasi yang tidak kalah dengan komputer/PC. Namun permasalahan yang sering terjadi saat kita menggunakan laptop adalah seringnya terjadi restart secara tiba-tiba tanpa kita perintahkan, hal ini akan menjadi masalah besar ketika kita sedang mengerjakan hal yang penting. berikut ini penjelasan tentang beberapa faktor dan solusi untuk mengatasi laptop yang sering restart sendiri.

salah satu Penyebab laptop mati sendiri adalah karena system corupt, system corupt bisa disebabkan oleh berbagai hal, bisa kerena virus, bisa karena kesalahan pengguna. Namun intinya windows (operating system) anda yang menjadi penyebab laptop anda restart sendiri.

Solusi Memperbaikinya : untuk kasus ini cukup mengunakan system restore atau juga dengan  melakukan install ulang windows anda. Dan hindari file – file yang mencurigakan seperti malware dan lannya.

laptop restart sendiri juga bisa karena proses yang kepanasan (over heat) masalah ini disebabkan karena kipas pendingin laptop anda tidak berfungsi dengan baik atau mungkin juga mati. Periksa bagian pendingin laptop, jika tidak ada udara yang keluar maka bisa dipastikan penyebab laptop restart sendiri adalah karena kipas yang tidak jalan.

Solusi : ganti fan / kipas laptop anda, hubungi teknisi laptop untuk melakukan hal ini, atau kemungkinan besar kipas laptop tidak rusak tetapi tersumbat, bersihkan bagian dalam laptop anda untuk mengatasi laptop restart sendi yang disebabkan oleh kepanasan.

Sebab lain laptop restart adalah karena hardisk yang badsector (rusak). Gejala laptop rusak karena badsector adalah laptop restart ketika mengkases aplikasi atau file tertentu.

 
Cara memperbaiki laptop restart karena badsector adalah dengan melakukan scanning atau check disk, atau melakukan defragment untuk memulihkan hardisk yang bermasalah.
 
Itulah beberapa penyebab laptop restart sendiri,Dan menurut admin penyebab yang paling sering terjadi adalah karena laptop kepanasan dimana disebabkan oleh kipas pendingin yang tidak berfungsi dengan baik dan karena Hardisk Badsector , Mudah-mudahan penjelasan yang saya paparkan secara singkat ini dapat membantu anda dalam menangani kerusakan laptop anda,jika memang ada pertanyaan lain silahkan tinggalkan komenar anda di bawah ini.