Jenis – jenis Headset

Jenis – jenis Headset

Secara umum orang – orang mengenal headset sebagai suatu alat untuk mendengarkan musik secara portable yang berbentuk kabel dengan 2 cabang diujungnya yang memiliki speaker kecil untuk dimasukan ke dalam telinga dan diujung lainnya dihubungkan dengan jack audio.

Berbagai macam jenis dan bentuk headset sering kita jumpai, namun tidak semua alat penyuara telinga tersebut dapat dikatakan headset. Berikut Jenis – jenis headset dan penjelasannya :

HEADSET

Seringkali kita salah kaprah dengan mengatakan semua alat penyuara telinga ini dengan sebutan HEADSET. Karena headset adalah gabungan antara Headphone dan microphone. Alat ini berbentuk seperti bando dengan speaker kecil berbentuk lingkaran di ujungnya dan di salah satu sisinya terdapat microfon kecil. Alat ini sering digunakan untuk keperluan komunikasi misalnya digunakan oleh seorang customer service.

HEADPHONE


Berbentuk seperti Headset, namun pada alat ini tidak terdapat microphone. Biasa digunakan untuk mendengarkan musik, namun tidak bisa digunakan sebagai alat komunikasi. Alat ini biasanya lebih portable dibandingkan Headset.

 

BACKPHONE

Alat ini sebenarnya sama saja dengan Headphone, namun penggunaanya saja yang sedikit berbeda. Alat ini tidak dilingkarkan diatas kepala namun dilingkarkan di belakang kepala. Alat ini lebih portable dibandingkan HEADPHONE dan biasanya digunakan untuk kegiatan olah raga.

EARPHONE

Earphone sendiri berbentuk lebih kecil daripada headphone ataupun headset. Cara menggunakannya juga berbeda yaitu tidak dilingkarkan di atas kepala seperti bando, namun dimasukan atau ditempelkan pada lubang telinga. Earphone sendiri dapat dibagi menjadi beberapa kategori yaitu :

1. IEM (In Ear Monitor),merupakan earphone yang diujungnya menggunakan karet atau foam. Alat ini dimasukan sampai kedalam lubang telinga. Biasanya IEM bersifat Noise Isolating, yaitu jika dipakai maka suara disekitar kita tidak terdegar atau terdengar tapi terdapat reduksi hingga hampir tidak terdengar. Alat ini sangat cocok bagi penggemar musik yang menyukai tipe suara Bass.

2. EARBUD, merupakan earphone yang hanya menggunakan plastik keras dan penggunaanya hanya disangkutkan ke lubang telinga. Berbeda dengan IEM, alat ini tidak bersifat noise isolating. Alat ini biasanya digunakan bagi penggemar musik yang lebih mementingkan suara vocal daripada bass.
3. EARFIT, yaitu earphone yang penggunaanya dilingkarkan di sekitar daun telinga sebelum dimasukan ke dalam lubang telinga. Alat ini cocok digunakan untuk kegiatan olah raga karena Earfit tidak akan mudah terlepas dari telinga.
Itu tadi sebagian dari jenis – jenis headset yang ada. Mungkin masih banyak lagi aneka ragam bentuk dan macam headset, namun secara umum masyarakat menyebut semua alat itu dengan nama HEADSET. Terimakasih, semoga bermanfaat 🙂
  • Rizky Nurcahyati

    Terimakasih infonya, ya.