Pengertian Logical Gate (Gerbang Logika)

Pengertian Logical Gate (Gerbang Logika)


Pada sistem elektronika digital, bahasa yang dimengeri mesin adalah dalam bilangan biner (1 dan 0). Untuk mengubah nilai inputan ke bentuk yang lain dibutuhkan suatu gerbang logika. Dari berbagain input yang diberikan pada gerbang logika, hanya memiliki satu nilai keluaran yaitu tegangan tinggi atau tegangan rendah. Tegangan tinggi diwakili oleh nilai 1 dan tegangan rendah oleh nilai 0.
Gerbang logika sendiri terbagi atas 7 jenis yaitu :

  1. Gerbang And
  2. Gerbang Or
  3. Gerbang Not
  4. Gerbang NAND
  5. Gerbang NOR
  6. Gerbang X-OR
  7. Gerbang X-NOR

Berikut ini adalah Penjelasan singkat mengenai 7 jenis Gerbang Logika Dasar beserta Simbol dan Tabel Kebenarannya :

GERBANG AND

Pada gerbang logika ini terdapat 2 inputan. Jika salah satu inputan bernilai (salah / false / 0), maka output yang didapat pasti 0. Jika ingin mendapatkan nilai 1 maka kedua inputan harus memiliki nilai 1.  Contoh : jika inputan pertama adalah 1 dan inputan kedua adalah 0 maka output yang didapat adalah 0. (1 AND 0 = 0).

 
GERBANG OR
Jika pada gerbang AND nilai output pasti 0 jika salah satu input adalah 0, maka pada gerbang OR nilai output pasti 1 jika salah satu input adalah 1. Contoh : jika input pertama adalah 1 dan input kedua adalah 0 maka output yang didapat adalah 1.
 
GERBANG AND
And adalah negasi dari input yang didapat. Input pada gerbang logika ini hanya satu. Contoh : jika input 1 maka outputnya 0 dan jika input 0 maka outputnya 1.
 
GERBANG NAND
NAND (NOT AND) adalah gabungan antara gerbang NOT dan gerbang AND. Gerbang logika ini adalah kebalikan dari gerbang logika AND namun tidak sama dengan gerbang logika OR. Contoh : jika pada gerbang AND input pertama yang diterima adalah 0 dan input kedua adalah  0 maka hasil yang didapat adalah 0, namun pada gerbang NAND hasil yang didapat adalah 1.
 
GERBANG NOR
NOR (NOT OR) adalah gabungan dari gerbang NOT dan gerbang OR. Artinya gerbang logika ini adalah kebalikan dari Gerbang OR. Sama halnya seperti gerbang NAND, hasil output yang didapat adalah hasil output yang kebalikan dari gerbang OR.
 
GERBANG XOR
XOR (Exclusive OR) memiliki dua inputan dan satu hasil output. Logika pada gerbang ini adalah output pasti 1 jika kedua nilai inputan berbeda, dan pasti 0 jika kedua inputan sama. Contoh : jika input pertama adalah 0 dan input kedua adalah 1 atau sebaliknya maka hasil output adalah 1. Namun jika input pertama dan kedua adalah 1 atau 0 maka output yang dihasilkan pasti 0.
 
GERBANG XNOR
XNOR (Exclusive NOT OR) adalah kebalikan dari gerbang XOR. Logika gerbang ini adalah jika kedua input nilainya sama maka output yang dihasilkan pasti 1. Contoh : jika input pertama dan kedua adalah 1 atau 0 maka output yang dihasilkan adalah 1, namun jika input pertama adalah 1 dan input kedua adalah 0 atau sebaliknya maka output adalah 0.