5 Mitos Ketika Memulai Bisnis Online

5 Mitos Ketika Memulai Bisnis Online

Wirausaha bukan untuk semua orang. Seringkali kita jumpai orang yang mau memulai bisnis online tapi pada akhirnya mengurungkan niatnya karena berbagai kendala baik dari personal ataupun faktor eksternal. Sebaiknya kita tentukan dulu tujuan yang mau dicapai dan mengetahui mitos-mitos yang sering kita dengar sebelum memutuskan mengambil jalan wirausaha. Berikut 5 mitos ketika memulai bisnis online:

1. Harus bisa Programming

Programmer adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan yang besar pada komputer. Butuh waktu yang tidak sedikit dan disiplin tinggi untuk mempelajari sebuah bahasa pemrograman.

Berbeda dari 10 tahun yang lalu, saat ini, hampir semua orang bisa membuat website hanya dalam hitungan menit. Banyak website builder dan tools yang bisa kita temukan secara gratis di internet untuk membangun sebuah website profesional. Salah satunya adalah Softaculous. Mulai dari website sederhana seperti Blog, eCommerce hingga aplikasi managemen canggih bisa kita buat dengan Softaculous. Ada lebih dari 300 jenis website yang bisa kita pilih.

Baca : Cara Install Toko Cuma Hitungan Menit dan Gratis

2. Bisnis Butuh Modal Besar

Butuh modal yang besar untuk merealisasikannya. Untuk memiliki sebuah bisnis online sebagai langkah awal, kamu bisa mulai dari memiliki website.

Banyak sekali layanan yang menyediakan untuk memiliki website secara gratis di luar sana yang bisa kamu gunakan. Tetapi layanan gratis seringkali kurang memadai untuk kebutuhan bisnis kamu. Memiliki website sendiri tidak semahal yang kita bayangkan. Untuk memiliki sebuah blog atau website eCommerce misalnya, kamu cukup merogoh kocek tidak lebih dari Rp 500.000,-.

Biaya yang kamu keluarkan yaitu:

  • Nama Domain (Rp 179.000,- per 2 tahun)
  • Website hosting (Rp 300.000,- per tahun)
  • eCommerce platform, seperti WooCommerce, AbanteCart, Prestashop (gratis)
  • Photo Produk (gratis)

Untuk proses pembeliannya juga tidak berbelit-belit. Kita bisa mendaftarkan nama domain, membeli hosting dengan memilih salah satu perusahaan web hosting Indonesia. Sedangkan untuk membangun websitenya, kita bisa menggunakan eCommerce platform (web builder) yang terkadang sudah disediakan oleh perusahaan penyedia layanan web hosting tersebut seperti Layanan Webhosting Exabytes.

 3. Butuh Investor untuk berkembang

Salah satu alasan yang terkadang saya dengar dari beberapa teman adalah mencari investor yang mau memberikan modal usaha supaya bisa melanjutkan usahanya.

Bayangkan jika kamu memposisikan diri sebagai seorang investor. Apakah kamu mau meminjamkan dana yang tidak sedikit jumlahnya kepada sebuah bisnis yang belum terbukti bisa menguntungkan?

Jangan khawatir mengenai investor, fokus pada pertumbuhan bisnis online, selama secara grafik bisnis itu terus berkembang ke arah positif dan konsisten, para investor pada akhirnya akan datang dengan sendirinya.

4. Social Media saja sudah cukup

Cara tercepat untuk menjangkau banyak orang adalah melalui social media. Tapi, bukan berarti social media menjadi satu-satunya cara untuk mensukseskan bisnis kamu.

Social media sebaiknya tidak dijadikan sebagai channel satu-satunya yang bisa gunakan untuk bisnis online karena kita tidak memiliki 100% kontrol pada social media. Bisa saja dalam beberapa bulan Facebook berhenti beroperasi atau aksesnya ditutup oleh pemerintah Indonesia. Jika hal itu terjadi, kita bisa kehilangan semua data-data penting seperti informasi pelanggan, materi iklan yang pernah dibuat dan sebagainya.

Oleh karena itu, website menjadi media mutlak yang harus kamu miliki ketika berbisnis online. Gunakan channel-channel atau media lain untuk mengarahkan pengunjung ke website kamu.

5. Punya banyak waktu untuk bersantai

Menjadi pemilik sebuah bisnis online tidaklah seindah yang seperti kita bayangkan. Harapan menjadi bos untuk bisnis sendiri agar bisa bekerja lebih santai, kenyataannya tidak akan bisa didapatkan oleh kebanyakan pemilik bisnis online yang sedang merintis usahanya (startups).

Pada fase-fase awal bisnis dibangun, kebanyakan bekerja lebih lama dari pada jam kerja karyawan pada umumnya. Pada fase awal, kamu akan mengerjakan semuanya sendiri. Jadi, bekerja di waktu hari libur sudah menjadi aktifitas normal bagi kebanyakan pemilik bisnis online.

Kunci kesuksesan utama dari sebuah bisnis online adalah konsistensi dan open-minded. Konsistensi dalam membangun bangunan yang dibutuhkan dan open-minded mengikuti keinginan pasar potensial dari bisnis yang di bangun.