Perbedaan Arduino dan Raspberry PI

Perbedaan Arduino dan Raspberry PI

Pernah punya keinginan buat Smartphone ciptaan sendiri atau komputer kecil buatan sendiri? , kalau pernah pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Arduino dan Raspberry PI. walaupun sangat mirip dalam ukuran dan harga, tapi sebenarnya ada beberapa perbedaan fundamental yang dapat menjadi pertimbangan untuk memilih salah satu dari Arduino atau Raspberry PI.

Raspberry Pi dan Arduino memang didesain sedemikian rupa sebagai alat media pembelajaran dan mudah untuk digunakan , itulah mengapa keduanya sangat populer.

Raspberry PI didesain dan dibuat oleh eben upton dengan teman kerjanya dari lab komputer universitas cambridge. Beberapa mahasiswa yang sudah mengikuti program dan mata kuliah di lab komputer tersebut merasa tidak mendapatkan skill , jadi Upton menciptakan komputer yang murah dan mudah dimodifikasi agar mahasiswa dapat mengingkatkan skill nya dalam bidang komputer.

Sedangkan Arduino dikembangkan oleh orang itali bernama Massimo Banzi, dia menginginkan model hardware yang simpel yang dapat digunakan oleh pelajar.

Berikut tabel untuk menunjukan beberapa perbedaan fiur yang ada pada Arduino dan Raspberry PI

 Arduino UnoRaspberry Pi Model B
Memory0.002 MB512 MB
Clock Speed16 MHz700 MHz
MultitaskingNoYes
On Board NetworkNone10/100 wired
Operating SystemNoneLinux Distro
Flash32KBSD card (2-16 G)
Integrated Development EnvironmentArduinoAnything Linux

 

Pada tabel diatas kita dapat melihat bahwa Raspberry Pi memiliki spesifikasi hardware yang jauh lebih baik daripada Arduino, Bahkan kita dapat menggunakan dan memodifikasi Raspberry PI layaknya komputer pribadi walaupun tidak sebagus mac atau PC. tetapi, walaupun Arduino memiliki kekurangan ini , IDE yang ada pada arduino Sangat mudah digunakan , dan juga karena arduino ini memang tidak didesain untuk dapat diinstall banyak software maka kita dapat menghidupkan dan mematikan sesuka kita tanpa takut software yang ada rusak.

Jika anda seorang pemula maka Arduino sangat disarankan karena Arduino simpel digunakan, tidak gampang rusak dan ada banyak sumber yang dapat digunakan sebagai panduan untuk para pemula.

sedangkan , untuk menggunakan Raspberry Pi setidaknya anda harus belajar tentang dasar-dasar menggunakan Linux. Raspberry Pi juga harus di matikan secara benar kalau tidak , bisa terjadi kerusakan.

sekian adalah tulisan tenang Raspberry Pi dan Arduino , jika ada kekurangan atau pertanyaan jangan ragu untuk komen dibawah

Source : Filehippo.com