6 Perusahaan Raksasa Teknologi yang Berawal dari Garasi

6 Perusahaan Raksasa Teknologi yang Berawal dari Garasi

“Everything Has  a Beginning” , kalimat tersebut menjadi salah satu moto terfavorit saya. memberi kesan bahwa bisnis yang besar bisa dimulai dari sesuatu yang kecil . Artikel ini membahas 6 perusahaan raksasa teknologi yang berawal dari garasi, sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk mencoba usaha kita sendiri dan bermimpi menjadi besar dan sukses dengan sumber daya yang terbatas.

Apa Saja Keahlian yang diTawarkan oleh Jurusan Teknik Informatika

Sebagai contoh seperti 6 perusahaan rakasasa berikut yang di mulai dari sebuah garasi, jauh dari kemewahan dan ketersediaan sumber daya. beberapa perusahaan tersebut di mulai dari hal kecil yang bahkan tidak terbayang jika di bandingkan dengan asset yang saat ini mereka punya , berikut daftarnya

1. Amazon

Amazon.com, Inc. (NASDAQ: AMZN) adalah sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional yang berkantor pusat diSeattle, Washington, Amerika Serikat. Amazon menjadi pengecer daring terbesar di dunia. Perusahaan ini juga memproduksi barang elektronik—termasuk pembaca buku elektronik Amazon Kindle dan komputer tablet Kindle Fire—dan merupakan salah satu penyedia jasa komputasi awan besar.

amazone-garage
Amazone Garage

Amazon di dirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bozes. dan mulai di publis di tahun 1995. sebelum mendirikan usahnya sendiri jeff bozes bekerjad di De Shaw&Co. sebelum memilki nama amazon , nama dari salah satu perusahaan toko online paling terkenal ini adalah ‘Cadabra’. Setelah dipikirkan kembali barulah pada tahun 1995 namanya berubah. Penggantian nama ini dikarenakan nama yang awal terdengar sangat mengerikan dan kurang menjual. Dengan penggantian nama menjadi amazon.com terasa lebih istimewa dan tentunya akan mudah dicari karena dengan awalan A maka akan berada dalam daftar paling atas sendiri. Selain itu, dia juga ingin perusahaan yang dibangunnya menjadi besar seperti sungai terpanjang dan eksotis yang ada di Amerika

2. Hewlett – Packard (HP)

hp-garage
HP Garage

Selanjutnya ada hewlett packard atau saat ini lebih dikenal dengan HP . Hp adalah salah satu perusahaan teknologi informasi terbesar dunia. Hewlett-Packard dibangun oleh dua orang yang bernama Bill Hewlett dan Dave Packard.

hp-garage-inside
HP Garage Inside

Ketika hendak menamakan perusahaannya, Bill Hewlett dan Dave Packard melakukan lempar koin untuk menentukan nama yang akan digunakan, apakah Hewlett-Packard atau Packard-Hewlett. Setelah melihat namanya sekarang adalah Hewlett-Packard, padahal yang menang dalam lempar koin tersebut BUKAN Bill Hewlett, tetapi Dave Packard.

3. Dell

michael-dell
Michael Dell

Michael Dell,  pemuda yang memilih Keluar dari bangku kuliah di Universitas Texas, Austin, demi menjalankan bisnis komputernya. lahir pada 23 Februari 1965, Hoston, Texas, Amerika Serikat, dia memulai Dell komputer dari garasi yang dimilikinya. Dengan modal awal sekitar $1.000, dia memulai merakit komputer dan menjualnya, hingga berhasil dan mencapai kesuksesan yang berasal dari garasi rumahnya.

4. Google

google-garage
Google Garage

Jaman sekarang siapa yang tidak mengenal GOOGLE ?  Siapa sangka perusahaan raksasa dibidang IT ini mengawali bisnis dari sebuah garasi kecil Susan Wojcicki di California pada September 1998, seperti gambar diatas. Saat memulai merintis Google, Larry Page dan Sergey Brin merupakan mahasiswa Ph.D di universitas Stanford. Setelah semakin besar, Google pun memindahkan markasnya ke Mountain View, California.

5. microsoft 

bill-gates-and-paul-allen-1981
Bill Gate and Paul Allen 1981

Microsoft Corporation didirikan pada tanggal 4 april 1975 oleh Bill Gate dan Paul Allen. Microsoft merupakan perusahaan perangkat lunak ( software) terbesar di dunia. Meskipun begitu, Gate dan Paul mengawali bisnisnya dari ruang ‘Garasi’ rumah Bill Gate. Di garasi itu lah cikal bakal perusahaan sebesar Microsoft lahir. Meskipun Bill Gate seorang yang drop out dari Universitas Harvard, namun dia merupakan salah satu orang terkaya di dunia.

6. Apple Inc.

apple-garage
Apple Garage

Sudah banyak film yang menceritakan kisah jatuh bangunnya ‘Steve’ Jobs dalam merintis Apple Inc. hingga sebesar sekarang ini. Sebuah ‘Garasi’ seperti gambar diatas, merupakan tempat dimana cerita Apple itu dimulai. Bersama Steve Wozniak, Steve memulai bisnisnya dengan membuat mini computer  yang diberi nama Apple Computer. Dengan lambang yang ikonik, Apel yang tergigit sebagian ini menghasilkan banyak produk yang menjadi tren di dunia.

Sekian Artikel mengenai 6 perusahaan Teknologi yang mengawali dari garasi. Tentu mereka semua memulai dan menjalani bisnisnya dengan sepenuh hati terus ber-inovasi untuk menjadi yang terbaik.

> Film Hacker Terbaik Untuk di Tonton

> 5 Browser Terbaik Untuk Android