Bagaimana Cara Kerja Google dalam Mencari Informasi

Bagaimana Cara Kerja Google dalam Mencari Informasi

Google, satu hal yang mungkin akan muncul saat mendengar kata tersebut adalah sebuah sumber informasi yang ada di internet. google merupakan sebuah mesin pencari yang membantu kita menemukan informasi dengan mengetikkan beberapa kata kunci. ketepatan dalam memberikan informasi dan memberikan rekomendasi tentang informasi yang kita cari, menjadikan google mesin pencari nomor 1 saat ini.

Namun pernahkah anda penasaran bagaimana cara kerja google bisa menemukan informasi yang kita cari? juga bahkan memberikan rekomendasi tertentu dari sebuah kata kunci yang kita ketikkan ? padahal seperti yang kita ketahui informasi yang ada di internet sangat lah banyak , bahkan saat ini ada sekitar 60 triliun halaman web. Milyaran pencarian setiap harinya dan terjadi sekejap mata, jika dilihat sekilas mungkin terlihat mudah dan simpel. namun kenyataannya proses di belakang  yang dilakukan cukup banyak dan kompleks. ada 3 proses yang dilakukan google agar dapat memberikan informasi yang kita inginkan. berikut penjelasannya

1. Crawling dan Indexing

The journey of a query starts before you ever type a search, with crawling and indexing the web of trillions of documents. 

cara-kerja-algoritma-googlehal pertama yang dilakukan google adalah crawling. crawling merupakan proses mengumpulkan informasi dari sebuah website. dengan cara menyusuri setiap link yang ada di website tersebut satu persatu. hal ini tidak dilakukan manual , melainkan menggunakan crawler yang bernama “googlebot”, crawler ini akan berjalan otomatis mengumpulkan informasi dari sitemap yang disediakan oleh pemilik website.

Googlebot lebih mementingkan mengumpulkan informasi tentang website baru, perubahan dari website yang sudah ada dan link yang sudah tidak aktif.google mengakui bahwa dalam crawling , mereka tidak menerima pembayaran dari pihak tertentu. hal ini di maksudkan agar informasi yang ditampilkan sesuai dengan apa yang di cari si pengguna.

indexing-cara-kerja-google

Setelah proses crawling selesai dilanjutkan dengan proses indexing. indexing sendiri berfungsi untuk mengatur informasi tersebut dan menyimpannya kedalam server google. hal ini dapat diibarakan dengan membuat perpustakaan besar yang menyimpan buku (dalam hal ini sebuah website) dengan teroganisir. dalam indexing ini google menyimpan informasi secara detail dan terstruktur.

Agar pada saat user mengetikkan sebuah kata kunci di kotak penelusuran maka page yang tampil akan sesuai. seperti saat anda mengetikkan sepatu, maka algoritma google harus menentukan maksud dari kata tersebut lebih relevan ke arah mana apakah anda mencari arti sepatu ataukah anda ingin membeli sepatu. maka informasi yang diperlukan haruslah sangat spesifik seperti lokasi , waktu pencarian , banyaknya pencarian dengan kata sepatu dan lain sebagainya. maka bisa di bilang proses indexing ini proses yang cukup komplex.

2. Algoritma

You want the answer, not trillions of webpages. Algorithms are computer programs that look for clues to give you back exactly what you want 

cara-kerja-algoritma

Algoritma google , sebelum membahas lebih jauh perlu diketahui arti dari algoritma itu sendiri. algoritma secara singkat dapat diartikan sebagai suatu formula/urutan dari beberapa langkah yang logis untuk menyelesaikan sebuah masalah. dalam ilmu komputer formula tersebut dituliskan dengan bahasa pemrograman. jadi algoritma google adalah sebuah program untuk memecahkan masalah, dalam hal ini menentukan hasil yang relevan dari sebuah kata atau kalimat yang diketikkan oleh pengguna di kotak pencarian.

Agar menentukkan hasil yang relevan , algoritma Google mengandalkan lebih dari 200 rujukan informasi , sehingga memungkinkan untuk menebak informasi apa yang benar-benar anda cari dari kata kunci yang di masukkan. rujukan ini mencakup hal-hal seperti istilah pada situs, konten terbaru , tempat tinggal anda dan PageRank.

Ada banyak komponen dalam menentukan hasil pencarian , untuk itu google juga mengembangkan berbagai fitur agar pengguna lebih nyaman dan mendapatkan informasi yang diinginkan dengan mudah, seperti google instant atau knowledge graph. selain itu juga ada beberapa sistem yang terus dikembangkan oleh google seperti

AnswersMenampilkan informasi dan jawaban langsung seperti cuaca dan hasil skor
AutocompleteMemprediksi hal yang mungkin dicari dari kata yang diketikkan.
Google instantmenampilkan hasil secara langsung dari setiap kata yang diketikkan
NewsMenampilkan hasil dari koran online dan blog diseluruh dunia.
Imagemenampilkan informasi berdasarkan gambar
User ContextMenyediakan informasi yang lebih relevan berdasarkan wilayah, histori pencarian dan beberapa faktor lainnya.
FreshnessMenampilkan berita dan informasi terbaru
SpellingMengidentifikasi dan membenarkan penulisan kata yang mungkin salah pengejaannya.
Videosmenampilkan hasil berdasarkan video .
BooksMencari hasil dari jutaan buku , termasuk preview dan teks , dari perpustakan dan penerbit diseluruh dunia
Translation and InternationalizationMemberikan hasil berdasarkan bahasa dan negara .
SynonymsMengenali kata dengan arti yang sama.

3. Fighting Spam

Every day, millions of useless spam pages are created. We fight spam through a combination of computer algorithms and manual review

spam-cara-kerja-google

Spam adalah kumpulan teknik curang seperti mengulang kata kunci tertentu secara berulang-ulang atau juga membeli link agar mendapat pagerank yang tinggi. sehingga Para pemilik website mendapat keuntungan websitenya menjadi hasil pencarian teratas atau di halaman pertama.  padahal website tersebut kebanyakan tidak relevan dan hanya mencari untung tanpa mempedulikan isi konten. untungnya google juga dapat mendeteksi sebagian besar  spam dan menurunkan website tersebut secara otomatis. Untuk sisanya, mereka memiliki tim yang meninjau situs secara manual.