Algoritma Kriptografi

Algoritma Kriptografi


Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan tentang Pengertian dan sejarah kriptografi , pada artikel kali ini saya akan membahas sedikit tentang algoritma pada kriptografi.

Definisi terminologi algoritma sendiri adalah urutan langkah – langkah logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis. Algoritma kriptografi merupakan langkah – langkah logis bagaimana menyembunyikan pesan dari orang – orang yang tidak berhak atas pesan tersebut.

Algoritma kriptografi terdiri dari tiga fungsi dasar, yaitu :

1. Enkripsi, merupakan pengamanan data yang dikirimkan agar terjaga kerahasiaanya. Pesan asli disebut plaintext, yang diubah menjadi kode – kode yang tidak dimengerti.

2 Dekripsi, merupakan kebalikan dari enkripsi. Pesan yang telah dienkripsi dikembalikan ke bentuk asalnya disebut dekripsi pesan. Algoritma yang digunakan untuk dekripsi tentu berbeda dengan algoritma yang digunakan untuk enkripsi.

3. Kunci, yang dimaksud disini adalah kunci yang dipakai untuk melakukan enkripsi dan dekripsi. Kunci terbagi menjadi 2 bagian yaitu : kunci rahasia (private key) dan kunci umum(public key). (Ariyus, 2008).