Bagaimana Membagi File yang Berukuran Besar?

Bagaimana Membagi File yang Berukuran Besar?

Terkadang pada situasi tertentu kita diharuskan membagi file yang berukuran besar, seperti saat mengirim email atau mengupload ke internet. karena biasanya saat mengupload ke internet atau mengirim email itu dibatasi dengan kapasitas tertentu. 

untuk alasan diatas dan menjawab pertanyaan yang masuk ke it-jurnal yaitu Bagaimana Membagi File yang Berukuran Besar?, berikut caranya

1. Pertama download dulu HJSplit

2. setelah didownload buka HJsplit lalu pilih Split setelah itu klik dibagian Input File , maka akan muncul tampilan baru untuk memilih file yang ingin dibagi. disini pilih file setelah itu klik open.

3. yang perlu diperhatikan adalah ukuran setiap file yang terbagi (Split file size ),ukuran file ini menentukan berapa banyak file yang terbagi contohnya file awal yang ingin dibagi 22 mb , jika kita memasukkan ukurannya 10 mb file akan terbagi menjadi 3 bagian. selain itu pilih tempat penyimpanannya di bagian output. 

4. setelah selesai diatur klik start dan tunggu sampai selesai. pada setiap file yang terbagi maka akan terdapat angka di ekstensinya seperti gambar dibawah.


selesai !!, file terbagi dengan ukuran yang lebih kecil. 
berikut cara untuk menggabungkan file yang sudah terbagi seperti semula :

1. Buka Hjsplit 
2. lalu  klik Join -> input file

3. pilih file yang sudah terbagi lalu klik start (jangan lupa atur tempat penyimpanan pada output)
  • wah ternyata file yang berukuran besar bisa dibagi menjadi beberapa bagian ya, saya mah blom pernah nyoba mas, musti dipelajari dulu biar bisa langsung dipraktekan, thanks ya atas sharing infonya 🙂

  • HJSplit memang sudah familiar nih buat orang yang suka ngatur file yang besar.,
    cuma saya belom pernah coba 😀

  • Saya belum coba nih, namun artikel agan menjadi sebuah jawaban dari sebuah pertanyaan yg terpendam selama ini; Mengapa waktu saya download film ada link part 1, part 2 dan part 3 nya…? heheh.. thanks sudah berbagi sob…

  • saya pernah mendengarnya, katanya hjsplit emang ampuh banget…

  • biasanya buat ngebagi film sob

  • haha iya biasanya tempat penyimpanan online ngebatasin file yang di upload apalagi yang gratis, nah karna file film agak besar jadi dibagi-bagi.

  • pake winrar juga bisa sob

  • oke gan, mungkin ajah suatu saat berguna