Cara Membuat Virtual CD

Cara Membuat Virtual CD

Apa itu virtual cd?? , virtua cd atau disk image adalah bentuk virtual dari cd/dvd asli, biasanya berekstensi .iso. virtual cd memiliki manfaat yang sama dengan cd/dvd asli. kelebihan virtual cd dibanding yang asli adalah virtual cd tidak mudah rusak karena berbentuk virtual jadi kemungkinan rusak hanya karena terkena virus atau memang filenya yang korup. dibanding dengan cd asli yang mudah rusak saat lecet atau tergores. selain itu juga bagi pengguna netbook atau komputer yang tidak mempunyai cd rom , virtual cd ini sangat berguna sekali.

selain itu juga kita dapat membuat virtual cd dari cd aslinya, seperti cd yang berisi film atau installan software. sehingga koleksi film terjamin keselamatannya haha. dengan begitu kita tidak khawatir cd/dvd yang asli mengalami kerusakan karena kita sudah memiliki back-up nya.

berikut cara simpel untuk membuat virtual cd.

1. disini saya menggunakan software UltraIso , jadi jika belum ada silahkan didownload dan install dulu. download ultraiso

2. setelah ultraiso di install , klik kanan pada file yang ingin dijadikan virtual cd. disini saya ingin membuat virtual cd dari cd installan OS Debian

 
3. setelah klik Create CD/DVD image akan muncul tampilan baru untuk memberi nama dan tempat virtual cd disimpan
4. terakhir klik save, lalu tunggu sampai selesai. jika sudah selesai virtual cd atau disk image akan berekstensi .iso.
kita dapat menyalin atau memperbanyak virtual cd dengan mudah sehingga kita dapat membagi ke orang lain yang membutuhkan. untuk menggunakan virtual cd seperti cd asli kita tinggal klik kanan pada virtual cd lalu pilih mount.
kita juga dapat burning virtual cd tersebut kedalam cd asli.