Mengenal Google Now

Mengenal Google Now


Bagi anda yang sudah menggunakan sistem berbasis android pasti tidak asing lagi dengan salah satu produk keluaran google yang  satu ini , karena google now  sendiri mulai di perkenalkan pertama kali pada acara google IO yang menjadi salah satu fitur unggulan dari sistem android 4.1 Jelly Bean.

Apa Itu Google Now ?

Google Now adalah asisten pribadi pintar yang dikembangkan oleh Google. Google Now merupakan perkembangan dari layanan Google Search yang memiliki kemampuan cerdas dengan menambahkan aneka macam ‘card‘ atau kartu yang akan membantu pengguna untuk menjawab pertanyaan, membuat rekomendasi, dan menjalankan perintah dari si pengguna.

Google now pertama kali di tanamkan pada Android 4.1 (“Jelly Bean”), yang diluncurkan pada tanggal 9 Juli 2012. Layanan ini tersedia untuk iOS pada tanggal 29 April 2013 tanpa sebagian besar fitur-fiturnya. Google Now dirilis untuk Google Chrome pada tanggal 24 Maret 2014. Popular Science menyebut Google Now sebagai “Inovation of the Year” untuk tahun 2012. Saat ini google now bersaing dengan Siri dari IOS dan Cortana dari Microsoft

Kita dapat dengan mudah menggunakan google now lewat widget yang tersedia di google search. atau juga dengan slide tombol home keatas ataupun menekan tombol home pada smartphone.

mengenal-google-nowFitur Google Now

Berikut beberapa fitur yang terdapat pada google now :

  1. Traffic, untuk membantu pengguna untuk mencapai tempat yang diinginkan, fungsinya mirip GPS.
  2. Public Transit, menghadirkan informasi tentang tempat transit kendaraan umum seperti terminal, halte bus dan lain sebagainya.
  3. Next Appointment, berfungsi seperti reminder yang akan mengingatkan pengguna terhadap janji yang dibuat serta menandai lokasi terkait di peta.
  4. Flights, menghadirkan informasi jadwal penerbangan.
  5. Sports, menghadirkan informasi up-to-date seputar dunia olahraga.
  6. Places, membantu pengguna menemukan restoran atau hotel disekitar tempat wisata yang dikunjungi serta menambahkan review mengenai tempat tersebut.
  7. Weather, menghadirkan informasi cuaca tempat tinggal pengguna.
  8. Translation, kamus online berbasis Google Translate.
  9. Currency, menghadirkan informasi mengenai kurs mata uang berbagai negara.
  10. Time at Home, menghadirkan informasi waktu saat pengguna berada di zona waktu lain.