Pengertian DAP dan DAC

Pengertian DAP dan DAC

Pengertian DAP (Digital Audio Player)

Bagi sebagian orang pasti sudah mengetahui MP3 player namun sebagian besar belum mengetahui apa yang disebut dengan DAP. DAP adalah kepanjangan dari Digital Audio Player. MP3 player merupakan salah satu jenis dari DAP. DAP sendiri tidak hanya dapat memutar musik dengan format MP3 saja, bisa juga berupa wav, flac, m4a, dan format audio digital lainnya.

Pengertian DAC (Digital to Analog Converter)


DAC merupakan singkatan dari Digital Analog Converter. Secara simpel bisa diartikan suatu alat untuk merubah data digital ke sinyal analog. Kenapa perlu DAC untuk repot-repot convert Digital ke Analog? Karena telinga manusia tidak bisa mendengar sinyal digital. Telinga manusia hanya bisa mendengar sinyal analog, artinya memang ada gelombang suara yang masuk ke dalam telinga dan menggetarkan saraf-saraf yang ada di dalam telinga yang kemudian diteruskan ke dalam otak yang diterjemahkan oleh otak sebagai suara atau musik.


Sebetulnya teknologi DAC sudah lama dipakai, terutama di bidang komputer dan multimedia. Pernah tau yang namanya sound card untuk komputer?, nah DAC itu sama seperti sound card. Dulu juga pernah populer USB sound card kecil untuk laptop atau komputer. Nah itu juga termasuk DAC, walaupun fungsinya terbatas untuk komputer.
Sekarang DAC sudah berkembang maju. Selain komputer, DAC eksternal juga bisa digunakan untuk Digital Audio Player, Smartphone dan komputer sekaligus.
  • Tutorial nya sangat membantu sekali dan mudah dipahami, bisa cek juga tulisan serupa saya
    Disini 😀 😀 Happy Sharing