Pengertian Command Prompt / CMD

Pengertian Command Prompt / CMD


Pada artikel sebelumnya saya sudah banyak menulis tentang berbagai macam perintah yang dapat kita gunakan di CMD . seperti perintah untuk  Mengembalikan file yang terkena virus di Flashdisk tanpa menggunakan Software atau juga perintah tentang Cara mengetahui IP Address dari Suatu Website. namun tahukah anda apa itu cmd ?? berikut penjelasannya

Pengertian CMD

Kalau di linux ada yang namanya terminal di mana kita dapat mengetikkan perintah berbasis text, sedangkan di Windows kita dapat menggunakan Command prompt atau biasa disingkat CMD.

Command Prompt atau CMD sendiri adalah jendela pada windows yang berfungsi untuk mengetahui seluk beluk yang terdapat pada system windows, dimana cmd ini yang mengesekusi setiap perintah – perintah yang diberikan oleh user untuk mengetahui system yang ada pada windows.

Sejarah CMD

Therese Stowell mengembangkan versi awal cmd untuk Windows NT. Walaupun beberapa perintah DOS tidak didukung atau sudah diubah (misalnya fungsi deltree digabung kedalam rd dalam bentuk parameter / s ), cmd masih memiliki lebih banyak perintah built-in.

Versi cmd.exe pada OS/2 dan Windows NT memiliki pesan kesalahan yang lebih rinci dibandingkan dengan “Bad command or file name” (dalam hal salah perintah) dari command.com. Pada versi cmd.exe OS/2 pesan kesalahan dilaporkan dengan bahasa sistem yang dipakai , teksnya diambil dari sistem pesan file.Perintah Bantuan kemudian dapat dikeluarkan dengan pesan nomor kesalahan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

sekian artikel tentang Pengertian Command prompt atau CMD, semoga bermanfaat.

  • wah saya malah baru tahu sejarahnya nih. makasih infonya..
    salam kenal, baru pertama kesini.

  • oke salam kenal, smoga bermanfaat artikelnya

  • terima kasih informasinya