Apa Perbedaan antara Virus , Worm, dan Trojan?

Apa Perbedaan antara Virus , Worm, dan Trojan?


Artikel ini ditujukan untuk pembaca IT-Jurnal yang menanyakan tentang Apa Perbedaan antara Virus , Worm dan Trojan. sebelumnya sudah dijelaskan secara singkat pada artikel Pengertian dan Jenis-jenis Virus pada Komputer , namun untuk lebih jelasnya saya tuangkan dalam tulisan. berikut jawabannya

Virus, worm dan Trojan termasuk perangkat lunak yang disebut malware. Malware atau malicious code (malcode) adalah kumpulan kode atau perangkat lunak yang dirancang khusus untuk merusak, mengganggu, mencuri, atau menimbulkan dampak “buruk” pada data, host, atau jaringan.

Kerusakan yang ditimbulkan malware bervariasi, dari hanya menyebabkan kerusakan ringan (seperti iklan popup yang muncul saat kita berseluncur) sampai untuk mencuri informasi rahasia dan uang bahkan untuk merusak sistem dan jaringan secara keseluruhan. Malware tidak dapat merusak perangkat keras fisik  dan peralatan jaringan, tetapi dapat merusak data dan perangkat lunak yang berada pada peralatan tersebut. berikut ini penjelasan tentang perbedaannya

Apa Perbedaan Antara Virus , Worms dan Trojans?

virus

Sebuah virus komputer adalah jenis malware yang menyebar dengan menyisipkan salinan dirinya ke dalam program lain dan menjadi bagian dari program tersebut. Virus dapat menyebar dari satu komputer ke komputer lain, dari program yang  sudah terinsfeksi .  Virus dapat menyebabkan kerusakan data atau program. Hampir semua virus  melekat pada sebuah file executable, yang berarti virus mungkin ada pada sebuah sistem tetapi tidak akan aktif atau dapat menyebar sampai pengguna menjalankan atau membuka file host berbahaya atau program tersebut.

Ketika program yang sudah terinfeksi dijalankan,maka perintah dari viruspun dijalankan. Biasanya, program host yang terinfeksi masih dapat terus berfungsi . Namun, ada beberapa virus yang langsung merusak program host tersebut. Virus juga dapat menyebar ketika software atau dokumen yang terinfeksi dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain menggunakan jaringan, disk, file sharing, atau juga Email.

Worm

worm pada komputer mirip dengan virus yang dapat menyebar dengan cara menyalin diri sendiri dan dapat menyebabkan kerusakan yang hampir sama dengan virus. perbedaaannya adalah worm tidak membutuhkan sebuah program atau file yang terinfeksi dalam proses penyebaran, worm adalah perangkat lunak yang mandiri dan tidak memerlukan program host atau bantuan manusia untuk menyebarkannya. teknik yang digunakan oleh worm yaitu mencari celah keamanan pada sistem target atau juga menggunakan trik kecil agar kita menjalankan worm, seperti link download yang menginstall program tertentu.

Trojan

Trojan adalah jenis lain dari malware yang diberi nama berdasarkan kuda kayu Yunani yang digunakan untuk menyusup ke dalam Troy. Pengguna biasanya tidak sadar telah terjangkit Trojan, karena semua program dapat berjalan dengan baik. karena tujuan trojan sendiri bukan lah merusak data atau mencuri informasi seperti virus dan worm.melainkan untuk menjadi pintu celah keamanan agar malware dapat masuk kedalam sebuah sistem.

Tidak seperti virus dan worm, Trojan tidak dapat menyalin diri sendiri agar bisa menginfeksi file lainnya. Trojan hanya dapat menyebar melalui interaksi pengguna seperti membuka lampiran e-mail atau mengunduh dan menjalankan file dari internet.

sekian penjelasan dari kami, semoga membantu, jika anda ada kesulitan atau ada hal yang ingin ditanyakan ke redaksi. terdapat page Request article pada menu. jangan sungkan untuk menyanyakan atau merkomendasikan materi yang ingin dibahas oleh IT-Jurnal.com pada post selanjurnya.