Perbedaan Wireless Access Point Dengan Wireless Router

Perbedaan Wireless Access Point Dengan Wireless Router

Sering kali kita mendengar kata “wifi” atau anda salah satu pengguna wifi yang sering dijumpai di area – area yang memiliki sinyal wifi. Namun tahukah anda perangkat apa yang menyebarkan sinyal wireless tersebut ? perangkatnya adalah Wireless Access Point Dan Wireless Router. Kedua perangkat ini sekilas sama dari bentuk bahkan mirip fungsinya, namun lagi – lagi serupa namun tak sama, ya begitulah kenyataannya yang terjadi pada dua perangkat jaringan ini.

1. Wireless Access Point

Perbedaan Wireless Access Point Dengan Wireless Router
Perangkat ini memiliki fungsi menyebarkan sinyal hotspot dari Modem/ Switch/ Router untuk disebarkan agar dapat diterima oleh Receiver. Fungsinya hanya menyebarkan sinyal dengan ciri receiver menerima SSID atau pengenal dari perangkat tersebut. ciri – cirinya perangkat ini hanya memiliki 1 port dibelakangnya karna tugasnya hanya memancarkan sinyal ke tempat yang dituju oleh jangkauan sinyalnya.

2. Wireless Router

Pada dasarnya fungsi Router yaitu menghubungkan 2 jaringan atau lebih yang berbeda Network agar saling terhubung dan dapat berkomunikasi (Routing). Namun dipasaran marak ditemui Wireless Router, banyak yang tidak mengetahui fitur extra yang dimiliki oleh wireless router ini, selain berfungsi sebagai router, perangkat ini memiliki fitur dari Wireless Access Point, sehingga perangkat ini dapat sekaligus memancarkan sinyal hotspot agar dapat diterima oleh Receiver. Cirinya adalah terdapat lebih dari 2 port pada perangkat ini.