5 Text Editor Gratis Terbaik untuk Pemrograman (coding)

5 Text Editor Gratis Terbaik untuk Pemrograman (coding)

Text Editor , merupakan  sebuah senjata utama untuk para programmer. mungkin kebanyakan orang hanya menggunakan notepad atau juga word untuk mengolah kata-kata. tapi dalam kegiatan coding, text editor ini menjadi salah satu faktor yang sangat penting.

Bagi seorang  programmer kenyamanan menjadi salah satu hal yang penting. karena dibutuhkan konsentrasi yang  cukup tinggi dan terlepas dari gangguan-gangguan kecil lainnya. mungkin ini juga yang menyebabkan seorang programmer biasanya memiliki kebiasannya masing-masing. seperti tidak ada aturan dalam pakaian bahkan sampai setengah bugil (programmer tertentu) atau juga hanya dapat fokus pada malam hari. karena kegiatan coding membutuhkan tingkat kefokusan yang tinggi agar dapat menyelesaikan sebuah masalah dan mengkoversinya kedalam sebuah program.

Oleh karena itu sebuah text editor pun menjadi kunci penting bagi para programmer dalam membuat sebuah program. ada banyak sekali text editor yang  dapat digunakan saat ini, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. tapi untuk kali ini saya hanya akan membahas yang  gratis, berikut daftarnya.

Daftar Text Editor Gratis terbaik untuk coding

1. Notepad ++

Yaps, yang pertama adalah notepad ++ , bagi saya sendiri aplikasi text editor ini merupakan aplikasi yang pertama menjadi penunjang kegiatan coding.walaupun dalam penamaan hampir sama dengan notepad tapi fitur yang ditawarkan notepad++ jauh lebih banyak dan lengkap. bahasa pemrogramman yang didukung pun cukup lengkap. selain itu juga kemudahan dalam penggunaan dan ringan , menjadi faktor mengapa notepad++ populer di kalangan para programmer. dan yang paling penting adalah gratis, kita bisa mendownload aplikasi ini disitus resminya.

Situs Resmihttps://notepad-plus-plus.org/
Sistem OperasiWindows

 

2. Sublime Text

Selanjutnya Sublime text,  tampilannya yang dinamis dan banyaknya fitur membuat sublime menjadi salah satu text editor yang paling banyak digunakan.selain itu juga sublime dapat berjalan di berbagai platform berbeda . text  editor ini pun dapat digunakan secara gratis dengan mendownload langsung di situs resminya. namun jika anda ingin mengakses full fitur yang ada , anda  perlu membeli lisensinya.

situs resmihttps://www.sublimetext.com/
Sistem OperasiLinux, Mac Os dan Windows

3. Visual Code Studio

Visual Studio Code adalah aplikasi text editor keluaran microsoft. Walaupun terbilang masih baru tapi Aplikasi Text editor ini disukai oleh banyak programmer selain itu aplikasi ini mendukung hampir seluruh bahasa pemrograman daseperti vb.net, C#, C, C++, Java, XML, HTML, .ASP, PHP dan lainnya. walaupun dikembangkan microsoft tetapi Visual code editor dapat berjalan di berbagai platform tidak hanya di windows. anda dapat mendownload nya secara gratis di situs resminya

Situs Resmihttps://code.visualstudio.com/
Sistem OperasiLinux, Mac Os dan Windows

4. Komodo Edit

Text editor yang  ssatu ini dapat menjadi alternatif dari sublime text. Komodo Edit memiliki banyak fitur dan juga cukup ringan digunakan. Anda juga dapat memilih tema untuk tampilan editor ini. aplikasi text editor ini pun mendukung berbagai macam bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti bahasa pemrograman python, perl, ruby, tcl, sql, html, sql, css, smarty, xhtml, php dan masih banyak bahasa pemrograman lainnya. komo edit dapat berjalan di berbagai platform.

Situs Resmihttps://www.sublimetext.com/
Sistem OperasiLinux, Mac Os dan Windows

5. Atom

Atom terkenal dikalangan para programmer web, text editor ini memiliki banyak fitur yang bisa diandalkan dan menjadikannya sebagai Aplikasi Text Editor yang sering di gunakan para developer, seperti web based technology desktop text editor, file system browser, fuzzy finder for quickly opening files, fast project-wide search dan replace, multiple cursors and selections, multiple panes, snippets, code folding, a clean preferences UI, TextMate grammars importing, modular design, nodejs integration, dan masih banyak keunggulan dari Atom Text Editor yang lainnya. selain itu atom juga dapat digunakan di berbagai platform berbeda.

Situs Resmihttps://atom.io/
Sistem OperasiLinux, Mac Os dan Windows
  • betul banget, sebagai apresiasi dan perkembangan selanjutnya

  • Maurin Patiasia

    tuk windows text editor enaknya memang pake notepad ++.. tapi kalo pake MAC.. pake ATOM.. lumayan..