Cara Upgrade Firmware Smartphone Samsung

Cara Upgrade Firmware Smartphone Samsung

Cara Upgrade Firmware Smartphone Samsung

Bagi Anda yang memiliki smartphone handphone Samsung yang ingin mengupgrade firmware / software sistem operasinya yang lebih baru dapat dilakukan dengan mudah.

Hanya memerlukan seuah software bernama “Odin” dan tentu pastinya sebuah firmware yang dapat dengan mudah di download di http://sammobile.com.

Sebagai contoh, disini saya mencoba mengupgrade sistem operasi Android Jelly Bean 4.2.2 ke Android Jelly Bean 4.3, dengan device yang digunakan adalah Samsung galaxy note 2 sebagai bahan percobaan. Sistem operasi Android yang dipakai adalah keluaran resmi (Official) dan bukan custom ROM.

Langkah – langkah Upgrade :

1. Pastikan Software Odin telah terinstall di PC atau Notebook kita

2. Download Samsung USB Device atau Samsung Kies.

3. Android OS terbaru dapat di download di http://sammobile.com

4. Masuk ke dalam download mode, disini saya menekan tombol Power + Volume bawah + Home, untuk verifikasi selanjutnya akan diminta menekan tombol volume atas untuk masuk ke download mode. (dilakukan dari keadaan smartphone mati / power off).

5. Buka Software Odin dan sambungkan smartphone ke PC atau Notebook anda, jika berhasil terhubung akan terlihat gambar seperti ini :

6. Ceklis hanya bagian Auto Reboot dan F. Reset Time, ini untuk merestart smartphone secara otomatis apabila telah selesai upgrade.

7. Pilih file PDA nya, biasanya berekstensi .md5

8. Kemudian Pilih Button Start untuk memulai upgrade, dan Tunggu beberapa saat.


9. Jika berhasil smartphone akan melakukan restart dan setelah restart cek status devicenya.

*Catatan : Jika Smartphone Melakukan Bootloop atau melakukan restart terus menerus, maka matikan smartphone, lalu masuk ke recovery mode dengan menekan tombol Power + Volume Atas + Tombol Home, jika sudah masuk pilih wipe data / factory reset, tombol volume atas dan volume bawah untuk menggerakkan pilihan, dan untuk mengeksekusi pilihan menggunakan tombol power.