Pengertian Qbasicdan Cara Menjalankannya

Pengertian Qbasicdan Cara Menjalankannya


Apakah Qbasic itu??

Qbasic adalah sebuah bahasa pemograman tingkat tinggi yang merupakan salah satu versi dari bahasa BASIC (kependekan dari Beginner’s All-Purpose Symbolic Instruction Code, merupakan bahas yang biasa dipakai untuk belajar memprogram). Qbasic dibuat oleh Microsoft Corporation dan tersedia pertama kali mulai pada DOS 5.0.

Karena bahasa pemograman Qbasic pertama kali dikenalkan pada sistem opereasi DOS, maka bahasa pemograman Qbasic ini merupakan bahasa pemograman tingkat tinggi yang sudah tua dan memiliki sintaks program yang sangat-sangat sederhana, sehingga bahasa pemograman ini sangat mudah untuk dipelajari dan dimengerti.

Bagaimana cara memulai program Qbasic??

Cara menjalankan bahasa pemograman Qbasic sangat mudah dan gampang. Kita tidak perlu menginstall program tersebut atau harus memunculkan layar prompt DOS lagi. Tetapi hanya dengan mengcopy program tersebut ke direktori yang kita inginkan.


Dan cara menjalankannya, kita buka direktori tempat kita menyimpan program Qbasic. Setelah itu, kita klik dua kali pada icon Qbasic yang bertype aplication. Sehingga muncul layar tampilan seperti gambar 2.

Gambar 1.2 Tampilan awal Qbasic

Setelah itu, tekan tombol ESC pada keybord anda untuk menampilkan layar yang digunakan untuk menuliskan program


cara menuliskan dan menjalankan program pada Qbasic

Untuk menuliskan program pada Qbasic Anda harus mengaktifkan layar Qbasic seperti yang terlihat pada gambar 1.3. Setelah layar tersebut tampil Anda dapat memulai menulikan program yang anda inginkan.

Untuk contoh pertama kita akan mencoba membuat program yang menampilkan output “HELLO WORLD!!”, setelah mengetik perintahnya tinggal tekan tombol F5 pada keyboard

Gambar 1.3 Tampilan setelah ditekan tombol ESC

cara menyimpan program pada Qbasic??

Program yang telah dibuat akan lebih baik jika disimpan sebelum dijalankan. Ini dilakukan untuk menghindari hilangnya program yang baru saja ditulis jika tiba-tiba komputer Anda mati mendadak sebelum program dijalankan, dan juga diperuntukkan jika dikemudian hari Anda ingin memodifikasi program yang Anda buat sebelumnya.

‐ Langkah pertama untuk menyimpan program, pilih perintah FILE lalu klik perintah SAVE 
‐ Setelah itu akan muncul jendela untuk menuliskan nama file yang Anda kehendaki (gambar 1.4) disini saya akan menyimpannya dengan nama program_pertamaku.bas

Gambar 1.4 Jendela untuk memasukkan nama file yang akan disimpan


‐ Setelah itu, klik perintah [OK].