3 Cara Mudah Mempercepat Kinerja Smartphone Android

3 Cara Mudah Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Android saat ini menjadi salah satu sistem operasi mobile yang paling banyak di gunakan. selain karena gratis hp berbasis android juga memiliki banyak aplikasi yang tersedia. Namun masalah yang hampir dialami oleh semua pengguna android adalah melambatnya kinerja smartphone tersebut atau biasa disebut lemot. 

 
Melambatnya kinerja smartphone dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti terlalu banyak menginstall aplikasi sehingga kapasitas penyimpanan menjadi penuh selain itu juga bisa karena virus/malware. hal ini tidak baik didiamkan terlalu lama , karena dapat mengganggu pekerjaan kita. untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa menggunakan 3 cara berikut agar dapat mempercepat kinerja smartphone android anda

1. Hapus aplikasi yang tidak penting

3 Cara Mudah Mempercepat Kinerja Smartphone Android
Hanya karena sebuah aplikasi itu gratis, bukan berarti anda menginsall semua aplikasi tersebut. karena ada beberapa aplikasi yang kurang baik kualitasnya sehingga dapat mengurangi kinerja smartphone.
 
untuk mengingkatkan kecepatan smartphone , sangat penting mengurangi aplikasi yang tidak terlalu sering digunakan dengan cara meng-uninstall aplikasi tersebut . caranya tinggal klik setting lalu pilih pada bagian pengaturan aplikasi , sebelum di un-install jangan lupa untuk menghapus cache (clear cache). 
 

2. Menghapus cache secara rutin

cara mempercepat android
Cache ini adalah data sementara yang tersimpan pada aplikasi, dengan menghapus cache secara berkala maka smartphone akan bekerja dalam keadaan maksimal.
untuk menghapus cache dapat dilakukan secara manual yang terdapat pada setting => aplikasi / apps. maka akan muncul list aplikasi yang sudah terinstall. tinggal klik salah satu aplikasi tersebut lalu klik pada tombol clear cache. 

namun untuk mempermudah dalam pembersihan cache anda dapat menggunakan aplikasi yang sudah tersedia seperti Clean master. aplikasi tersebut akan memindai semua cache dari aplikasi yang ada lalu anda inggal menghapusnya, sehinnga anda tidak usah repot menghapus cache setiap aplikasi secara manual.
3. Security

cara mempercepat android

Sayangnya smartphone android tidak kebal terhadap serangan malware . sehingga anda harus memperhatikan sistem keamanannya. virus / malware ini salah satu penyebab paling sering yang membuat hp android bekerja lambat atau lemot karena dapat merusak sistem yang ada. 

 
hal pertama yang dapat dilakukan untuk terhindar dari virus/malware adalah dengan mendownload aplikasi dari sumber yang terpercaya seperti Playstore. selain itu sangat penting juga untuk menginstall antivirus.